Kamis, November 06, 2008

After Election (1)

Masih berhubungan dengan pesta demokrasi di Jawa Timur. Selang beberapa jam setelah tempat pemungutan suara di tutup, yang kurang lebih ditutup jam satu siang, para lembaga quickcount mulai bergerak. Hasilnya, berita-berita sore sudah bisa menyiarkan perkiraan, sekali lagi perkiraan, hasil dari pemilihan suara hari itu.

Rata-rata lembaga memperkirakan bahwa pasangan Khofifah-Mudjiono menang tipis atas lawan mereka Sukarwo-Syaiful Illah. Dan angkanya memang tipis. Bedanya ga sampe satu persen. Padahal kemungkinan kesalahan tiap quickcount kurang lebih satu hingga dua persen. Itu artinya hasil quickcount dapat berbalik. Tapi dari seluruh hasil quickcount yang dt lihat, semuanya menghasilkan kemenangan tipis pasangan nomor urut satu ini.

Kemenangan tipis seperti ini, menurut dt, bakal bawa rusuh. Karena pendukung fanatik yang kalah jelas ga terima dengan kemenangan tipis lawannya. Dan yang bisa meredakan para pendukung ini jelas hanya tindakan bijaksana dari sang Public Figure untuk dengan lapang dada menerima kekalahannya. Walau dt ga yakin apa dua-duanya bisa dengan menerima kekalahannya begitu saja.

Oia, sebagai tambahan golongan putih pada pemilihan kali ini mencapai 46%. Yang menurut dt, tidak dari kedua pasangan calon di atas yang sebenenarnya berhak untuk memegang jabatan Gubernur Jawa Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar